Selasa, 13 Oktober 2015

Pohon Yang Bersyukur

 Bismillah...
Pohon yang sedikit mendapat air dan nutrisi, akan tetapi banyak memberi manfaat merupakan pohon yang bersyukur”...

Perkataan salah seorang narasumber di stasiun radio kesayanganku membuatku menghentikan sejenak aktifitas, memasang posisi “mendengarkan radio lebih serius”...

Rasa syukur manusia kepada Allah diwujudkan dalam sikap taat, rasa syukur manusia kepada manusia lain diwujudkan dalam sikap ihsan...”
Narasumber melanjutkan penjelasannya, Aku berfikir dan mengangguk-angguk di dalam hati. Jadi rasa syukur atas segala nikmat yang Allah berikan, cukup menjadi alasan bagi kita untuk taat kepadaNya. Tak perlu banyak alasan, jika pohon saja yang diberikan sedikit air dan nutrisi, mampu memberi banyak manfaat, kenapa manusia dengan segala limpahan nikmat dan karuniaNya masih saja berfikir untuk taat.

Allah memberi kita banyak hal, tak terbatas limpahan karuniaNya, jika saja kita bercermin kepada pohon dengan keterbatasannya, mungkin kita jauh dari sikap bersyukur.
Coba kita lihat mulai dari diri kita, anggota panca indera, sudahkah sepenuhnya kita manfaatkan dengan baik sebagai wujud rasa syukur kita?
Mata untuk melihat segala hal yang baik, mata untuk memberi manfaat kebaikan kepada manusia lain...
Telinga untuk mendengarkan hal yang baik, dan untuk memberi manfaat kebaikan kepada manusia lain...

Itu hanya sebagian kecil dari karunia Allah yang kita lihat diantara berbagai macam karuniaNya yang lain...
Jadilah manusia yang bermanfaat sebagai wujud rasa syukur kita...

Allah juga mengingatkan kita untuk selalu bersyukur dalam firmanNya yang mulia, seperti Surah Al-Fatihah,, surah yang dibuka dengan rasa kesyukuran...
Bismillahirrahmaanirrahiim, Alhamdulillahirabbil ‘alamiin, Arrahmaanirrahiim....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar